Sabtu, 26 September 2009

Apakah semiconductor itu ?

Apakah semiconductor itu ?

Kata semi di sini bisa diartikan setengah. Sedang conductor (konduktor) berarti penghantar. Well, semiconductor berarti setengah penghantar. Pada hakekatnya dibutuhkan penjelasan yang sangat panjang untuk menerangkan macam dan karakteristik komponen jenis ini secara detail. Silahkan anda mencari dari sumber lain bila menginginkannya. Di sini saya akan membahas seperlunya saja.


Langsung saja dari semiconductor yang paling sederhana :

  • Dioda. Alat ini banyak berfungsi sebagai penyearah. Karena sifatnya yang hanya bisa dilewati arus listrik dalam satu arah saja. Ada dua jenis dioda berdasarkan bahannya, yaitu dioda germanium dan dioda silikon. Dioda germanium dewasa ini sangat jarang ditemukan, dan sudah digantikan dengan dioda silikon. Ada dioda yang mempunyai sifat khusus sebagai pembatas tegangan. Namanya dioda zener. Untuk penyetabil frekwensi (ada pada tuner radio fm) namanya dioda faraktor
  • Transistor. Ada kesamaan dengan dioda, tetapi dia ditambah satu terminal lagi yang berfungsi sebagai pengendali besar kecilnya dan atau frekwensi arus yang melewati komponen ini. Kalau pada dioda hanya ada 2 (dua) terminal yaitu anoda dan katoda, maka pada transistor ada 3 kaki, yaitu emitor, basisdan kolektor. Ada 2 (dua) jenis transistor yaitu jenis PNP dan jenis NPN. Ada lagi jenis lain yaitu MOSFET.
  • SCR. Silikon Control Rechtifier. Fungsinya mirip sebagai saklar, setelah diberi input dia akan terhubung terus, dan akan terputus kembali bila arus terputus. Banyak ditemui pada kompnen CDI sepeda motor.
  • SCS. Silikon Control Switch. Pada alat ini ada dua terminal input (gate). Satu untuk trigger positif, yang lainnya untuk trigger negatif.
  • IC. Intergrated Circuit. Adalah rangkaian atau gabungan beberapa transistor dalam satu keping (chip).
Sumber :
27 September 2009

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar